SIISKA | Sistem Informasi Inovasi Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Judul Inovasi

Peningkatan Kompetensi Lulusan Prodi Tata Busana Melalui Membangun Jejaring Alumni

Nama Sekolah

SMKN 2 NGANJUK - KAB. NGANJUK

Mulai Pelaksanaan

01 Jul 2020

Ringkasan Inovasi

dalam pelaksanaanya sudah dilakukan pada tahun 2020, pada saat mengundang para Alumni, Berkunjung langsung, di gunakan sebagai Tempat PKL, dan rekrutmen kerja setiap ada lulusan yang dianggap kompeten.

Latar Belakang

1. Potensi yang dimiliki Guru, Siswa Jurusan Tata Busana dan khususnya Para Alumni SMK Negeri 2 Nganjuk jurusan Tata Busana baik berupa sumber daya manusia maupun fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk memproduksi Barang / Produk maupun jasa yang dapat berkembang diranah yang lebih luas. Para Alumni Tata busana yang sudah berwirausaha bisa Mengembangkan Potensi-Potensi yang ada dan mengekplore sehingga usaha – usaha dari permintaan konsumen yang ingin menjahitkan bajunya dengan model yang diinginkan dan kenyamanan untuk dipakaipun masih tetap terbuka lebar, maka dari itu kamipun menelusuri para alumni-alumni yang sudah berwirausaha dalam ranah rintisan bahkan yang sudah berkembang guna untuk saling bermitra dan bersilaturrahmi dengan tujuan bertukar informasi tentang ilmu menjahit dan menjalankan bisnis dengan system symbiosis mutualisme

Para Alumni yang baru merintis usaha maupun yang sudah mempunyai usaha 


Kesesuaian

kesesuaianya adalah inginnya ada nilai dampak positif dari inovasi ini  sesuai tujuan dari inovasi ini

Kontribusi

Inovasi ini bertujuan adanya simbioses mutualisme antara sekolah dan Para Alumni dimana akan berdampak adanya informasi sehingga adanya keuntungan terserapnya tenaga kerja bagi alumni yang belum mendapatkan pekerjaan dan keuntungan bagi para alumni yang sudah mempunyai usaha mempunyai tenaga kerja yang berkompeten dibidangya

Deskripsi

Kami bekerja secara Team dan tentunya Komunikasi dan koordinasi antara, Kepala sekolah, Team dan Para alumni tetap terjaga dengan baik sehingga permaslahan-permasalahn yang ada lebih terbuka sehingga bisa dipecahkan secara Bersama-sama

Nilai Inovatif

1.          Beroreantasi dalam memenuhi kebutuhan konsumen Berupa Barang / Produk dan atau Jasa dengan diketahuinya wirausaha lulusan Tata Busana

2.         Mengembangan sumber Manusia secara professional dan berkualitas.

3.        

3

Berusaha mengembangkan kemampuan yang sudah ada menjadi yang lebih baik.

4.        Dapat membaca Peluang Usaha dan mengeksplore demi kepentingan Usaha dan konsumen.

5.         Mengembangkan Usaha Dalam lingkup yang lebih Luas dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

6.         Berbagi ilmu sesama alumni SMKN 2 Nganjuk jurusan Tata busana

7.         Menjalin Kerjasama dan saling menguntungkan.

8.        Mampu menjadi motivator bagi teman sejawat, dan para pelajar yang masih menimba ilmu di SMKN 2 Nganjuk Jurusan Tata Busana

Sumber Daya

Sumber Keuangan inovasi ini adalah mandiri dimana masih belum maksimal , dan tenaga SDM ini adalah Team Pokja Humas , sarana prasarana yang digunakan adalah memaksimal dari sekolah walaupun hasil yang dicapai belum maksimal

 

Strategi Inovasi

Adanya Kerjasama antara sekolah dan para alumnii walupun masih terbatas tetapi ada alumni yang sudah mempunyai usaha besar di tempati sebagai tempat praktik kerja lapangan maupun rekrutmen kerja

Pelaksanaan Dan Evaluasi

Evaluasi dilaksanakan hanya secara Internal dari Kepala Sekolah dan Team atas temuan-temuan maupun hal-hal yang akan dilakukan dan dikembangkan lagi dari hasil inovasi 

Evaluasi yang digunakan hanya rapat internal membahas data-data yang terkumpul dan membandingakan data-data dan melengkapi apa yang akan dilakukan

Hasil Evaluasi

Setela tahu dilapangan keadaan para alumni , ternyata memang harus adanya dukungan dari pihak-pihak tertentu untuk memotivasi, memberikan sarana prsanarana bagi para alumni yang baru merintis usaha mereka

Dan tindak lanjut kedepanya adanya Kerjasama antara sekolah, alumni yang baru merintis dan alumni yang sudah besar usahanya untuk saling mendukung yang mkn solusinya masih berkelanjutanan kedepanya

Covid-19

Pemasaran dimasa pandemic ini melalui, wa, Fb, medsos dllBagi alumni yang baru merintis usahanya / konsumen masih area sekitar mkn adanya pengurangan permintaan dikarenakan adanya pandemic sehingga pelanggan enggan untuk datang diukur badanya sehingga pendapatan berkurang, tetapi mkn bisa lebih bisa teratasi dengan pemasaran secara online seingga mkn bisa menyampaikan hal-hal kepada konsumen sesuai strategi para alumni tersebut

Pemangku Inovasi

Sementara masih internal dalam kegiatan inovasi ini, sehingga perlu adanya dukungan dari pihak-pihak terkait terutama dalam bidang Pendidikan sesuai kompetensi dan bisa dikembangkan lagi

Faktor Penentu

 Keberhasilan dari suatu Tindakan kunci utama adalah Fokus pada hal yang dilakukan sehingga perlu adanya tenaga / team khusu yang lebih kompeten dibidangnya dan yang tidak kalah penting lagi adalah obyeknya yaitu para alumni dan pihak-pihak terkait mendukung kegiatan inovasi ini

Kendala / Permasalahan       :   

1.   Adanya Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan sehingga berkunjung atau ingin bersilaturrahmi Kepada Alumni terbatas

2.   Adanya PPKM akibat dampak Covid -19 sehingga Tatap Muka ingin langsung ketempat produksi juga terbatas

3.   Terkadang kurangnya antusias beberapa pihak yang belum berkenan akan inovasi ini.

 

Usulan / Saran                        :

Inovasi yang kami laksanakan, kami berharap adanya dukungan yang penuh terjadwal dan sitematis sehingga menjadi motivasi dan rangsangan untuk memperluas pelaksanaan ke alumni-alumni Kompetensi yang lainya

Video Inovasi