SIISKA | Sistem Informasi Inovasi Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Judul Inovasi

Upaya Stabilisasi Ekonomi Sekolah Di Masa Pandemi

Nama Sekolah

SMKS BINA BANGSA DAMPIT - KAB. MALANG

Mulai Pelaksanaan

11 Jul 2020

Ringkasan Inovasi

Keterbatasan modal awal, sehingga kita siasati dengan sistem pemesanan terlebih dahulu barang yang dibutuhkan

Minimnya pelatihan dan pengembangan SDM dibidang marketing sehingga kita siasati dengan belajar otodidak dan mengandalkan pemasaran online dan semi-online

Latar Belakang

Kondisi ekonomi di masa pandemic harus segera dicarikan solusi. Terlebih lulusan SMK yang sangat sulit mendapatkan tempat kerja. Dengan demikian Usaha Micro Kecil menengah atau UMKM siswa dan alumni harus didampingi dan dikembangkan. SMK menjadi Pusat pembelajaran dan pengembangan UMKM. sehingga UMKM binaan sekolah tersebut akan mampu bersaing dan bertahan di masa pandemic dan tentunya dengan hal tersebut ekonomi masyarakat akan tetap stabil.

Kesesuaian

Adanya investasu dari pemerintah atau swasra sebagai tambahan modal sehingga perkembangan BUMS semakin pesat dan semakin bermanfaat

Adanya pelatihan, workshop atau pendampingan dari [ihak yang berwenang tentang marketing dan manajemen bisnis

Kontribusi

Inovasi  SMK sebagai Pusat pengembangan dan pembelajaran UMKM bertujuan untuk mendampingi pengembangan UMKM khusunya milik siswa dan alumni SMK Bina Bangsa Dampit. Hal demikian dijalankan sebagai upaya mencari solusi kurangnya angka keterserapan tamatan pada DUDIKA.

Agar pertumbuhan ekonomi wilayah tetap di jalur yang positif, maka UMKM milik SIswa dan alumni harus bertahan dan berkembang di kondisi yang tidak menentu ini. Pendampingan, pelatihan marketing dan manajerial menjadi sesuaitu yang sangat dibutuhkan. Sehingga jika hal ini kita jalankan maka UMKM akan berkembangan dan pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik.

Deskripsi

SMK sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan UMKM. Dengan demikian SMK harus memiliki tim khusus yang mendampingi UMKM. Tim dibentuk untuk mampu memberikan pelatihan dibidang marketing, inovasi produk, pembukuan dan manajerial. Dengan demikian UMKM binaan dibentuk semacam paguyuban yang bias bertemu dalam sebulan sekali atau dengan kunjungan  TIM pengembang. Sehingga UMKM akan termonitor dan terkontrol.

Nilai Inovatif

Menjadikan SMK sebagai pusat pengembangan dan pembelajaran UMKM merupakan pilihan yang tepat. Dengan hal tersebut, kegiatan SMK dapat ditambah  dengan pemberian pelatihan dan pendampingan UMKM binaan. 

Sumber Daya

Kontribusi terhadap SDGS,

Pertumbuhan ekonomi yang stabil disuatu wilayah akan berdampak baik ke pertumbuhan ekonomi nasional. Jika SMK bnyak yang mendampingi UMKM bukan tidak mungkin pertumbuhan ekonomi wilayah dan nasional akan ikut tumbuh.

Strategi Inovasi

Suply pisang siap makan ke unit katering PT Pindad

Bank Mini Artha Bisa Syariah untuk pendanaan properti

Bank Syariah Indonesia sebagai back up pendanaan properti

Bengkel Automobile Dampit sebagai mentor mekanik untuk bengkel komersial sekolah

Pelaksanaan Dan Evaluasi

Hasil Evaluasi

Covid-19

Pemangku Inovasi

SMK sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan UMKM. Dengan demikian SMK harus memiliki tim khusus yang mendampingi UMKM. Tim dibentuk untuk mampu memberikan pelatihan dibidang marketing, inovasi produk, pembukuan dan manajerial. Dengan demikian UMKM binaan dibentuk semacam paguyuban yang bias bertemu dalam sebulan sekali atau dengan kunjungan  TIM pengembang. Sehingga UMKM akan termonitor dan terkontrol.

Bank Syariah Indonesia sebagai back up pendanaan properti

Bengkel Automobile Dampit sebagai mentor mekanik untuk bengkel komersial sekolah

Faktor Penentu

Keterbatasan modal awal, sehingga kita siasati dengan sistem pemesanan terlebih dahulu barang yang dibutuhkan

Minimnya pelatihan dan pengembangan SDM dibidang marketing sehingga kita siasati dengan belajar otodidak dan mengandalkan pemasaran online dan semi-online

Video Inovasi