SIISKA | Sistem Informasi Inovasi Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Judul Inovasi

Efektifitas Layanan Digital Sekolah Berbasis E-judara

Nama Sekolah

SMKN 1 MAGETAN - KAB. MAGETAN

Mulai Pelaksanaan

02 May 2019

Ringkasan Inovasi

Mutu pendidikan dapat dilihat dari  proses dan hasil  pembelajaaran yang dilakukan sesuai dengan tujuan kurikulum yang di amanahkan undang-undang, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman. Pada saat ini dunia pendidikan dihadapkan  berbagai tantangan. Di era revolusi industri 4.0 diperlukan strategi yang baik untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia industri dan dunia usaha agar tigak tergilas oleh perkembangan kecanggihan teknologi dimana banyak pekerjaan yang hilang karena digantikan oleh mesin. Di era ini hanya menggunakan satu perangkat saja bisa mengatur beberapa pekerjaan (multitasking). Kecanggihan teknologi mempermudah pekerjaan dan kehidupan manusia, melakukan transaksi apapun tinggal menombol menu di handphone (HP) mulai transaksi bank, jual beli, bimbel bahkan pesan makanan bisa lewat HP. Dokumen dan pekerjaan sekarang banyak menggunakan elektronik, E-KTP, E-Banking, E-book, E-Toll, E-commerce, dan sebagainya.

SMK Negeri 1 Magetan sebagai sekolah yang mengembangkan  kelas industri dan Teaching Factorydidukung dengan layanan digital. Fasilitas yang ada di SMK Negeri 1 Magetan antara lain studio multimedia, Eduhotel untuk perhotelan, Kanesma Tour & travel, Alfamart, Bisnis Center, dan Bank Mini Kanesma. Selain sarana tersebut di SMK Negeri 1 Magetan ada beberapa titik wifi yang bisa diakses semua warga sekolah, dan 99% peserta didik memiliki HP android.

Di Era Revolusi Industri 4.0 tenaga kerja dalam semua bidang harus memiliki kemampuan dan kompetensi digital baik tenaga teknis ataupun manajerial. Dari hal tersebut Tim Pengembang Sekolah terinspirasi dari teori  W. Edwards Deming Plan, Do,Check dan Action untuk menulis pengalaman yang terbaik (Karya Inovasi) yang selama ini sekolah lakukan dengan E-Jurnal, SIUDA dan SIPORA dalam rangka supervisi akademik dengan harapan membawa perubahan (outstanding Result), mampu mengatasi persoalan secara berkelanjutan, dan akan selalu termotivasi selalu mengembangkan metode yang inovatif dalam memecahkan masalah dalam pendidikan dengan harapan menjadi inspirasi teman sejawat dan khususnya warga SMK Negeri 1 Magetan serta bermanfaat bagi sekolah lain

Latar Belakang

Di Era Revolusi Industri 4.0 tenaga kerja dalam semua bidang harus memiliki kemampuan dan kompetensi digital baik tenaga teknis ataupun manajerial. Disamping kemampuan tersebut kemampuan sosial juga harus dimiliki pada era ini, dimana kepekaan sosial dalam menjawab dan menghadapi perkembangan digitalisasi agar mempermudah semua pekerjaan terutama bagi kepala sekolah di bidang supervisi akademik, karena pembelajaran di sekolah merupakan ruh dari kegiatan yang ada di sekolah. Kepala sekolah adalah penentu irama dan titik pusat sekolah, keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah.

Dari hal tersebut penulis terinspirasi dari teori  W. Edwards Deming Plan, Do,Check dan Action untuk menulis pengalaman yang terbaik (Karya Inovasi) yang selama ini penulis lakukan dengan E-Jurnal, SIUDA dan SIPORA dalam rangka supervisi akademik dengan harapan membawa perubahan (outstanding Result), mampu mengatasi persoalan secara berkelanjutan, dan penulis akan selalu termotivasi selalu mengembangkan metode yang inovatif dalam memecahkan masalah dalam pendidikan dengan harapan menjadi inspirasi teman sejawat dan khususnya warga SMK Negeri 1 Magetan

 Tujuan Inovasi

a.    Untuk memudahkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran, penilaian dan informasi sekolah.

b.    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penilaian dan informasi sekolah.

Populasi atau kelompok sasaran inovasi adalah semua GTK dan Siswa serta Orangtua

Kesesuaian

Rancang bangun yang dibuat untuk mengatasi permasalahan pelayanan pendidikan di sekolah agar lebih efektif tampak pada gambar berikut :

-       Aktivitas pembelajaran

-       Pengembangan aplikasi E Jurnal

-       Pengembangan aplikasi SIUDA

-       Pengembangan aplikasi SIPORA

-       Membuat aplikasi dari perubahan manual ke digital

-       Membuat aplikasi interaktif E-Jurnal, SIUDA, SIPORA dengan menggunakan software My SQL berbasis WEB

-       Pelayanan sekolah yang dilakukan secara digital berjalan efektif untuk proses pembelajaran

Kontribusi

Kontribusi terhadap capaian Nasional Sustainable Development goals (SDGS) atau Tujuan Pembangunan Nasional

Manfaat dari penulisan laporan Best Practice  ini sebagai berikut:

1.         Bagi Tim Pengembang

Sebagai motivasi untuk selalu meningkatkan kompetensi sehingga mampu membuat karya inovasi.

2.         Bagi Sekolah (Lembaga)

Meningkatnya mutu pembelajaran di kelas sehingga tujuan sekolah tercapai secara maksimal

3.         Bagi Pemerintah

Sebagai motivasi dan inspirasi  sekolah-sekolah di lingkungan penulis untuk melakukan inovasi

Deskripsi

E-Judara merupakan aplikasi yang penting dalam menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran, penilaiaan dan penyampaian informasi umum kegiatan sekolah. E-Judara berfungsi untuk mengontrol proses pembajaran mulai dari materi dan kehadiran guru dikelah mulai jam pertama sampai jam ke sepuluh di SMK Negeri 1 Magetan. Hal ini penting dilakukan karena pembelajaran memegang peranan yang penting untuk mencapai tujuan sekolah dan tercapainya visi misi sekolah. Sedangkan dalam aplikasi penilaiaan memberi kemudahan bagi guru (efektiftifitas dan efisiensi) Guru dalam pelaksanaan penilaian. Demikian pula untuk system penyampaian informasi sekolah, orang tua dapat mengetahui informasi umum dan memberi masukan ke sekolah.

Nilai Inovatif

Nilai tambah dari inovasi yang dilaksanakan ada Kematangan : 

a.    Sistem Aplikasi berjalan, bekerja secara optimal baik dengan atau tanpa di upgrade

b.    Fitur didalam aplikasi layanan E Jurnal, SIUDA, SIPORA bisa bertambah atau berkurang sesuai kebutuhan.

c.    Secara ekonomi, aplikasi ini bisa digunakan android atau laptop dengan biaya terjangkau adalah :

a.    Sistem Aplikasi berjalan, bekerja secara optimal baik dengan atau tanpa di upgrade

b.    Fitur didalam aplikasi layanan E Jurnal, SIUDA, SIPORA bisa bertambah atau berkurang sesuai kebutuhan.

c.    Secara ekonomi, aplikasi ini bisa digunakan android atau laptop dengan biaya terjangkau.

Selain itu inovasi ini memberikan kontribusi kepada :

a.    Dunia Usaha dan Dunia Industri memantau pelaksanaan pembelajaran dan penilaian daring pada saat siswa PKL (Praktek Kerja Lapangan).

b.    Evaluasi keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian

2. Keterlibatan Masyarakat       : 

a. Komite Sekolah

1)    Memberikan kontribusi dalam bentuk legalisasi dan penguatan terhadap kegiatan pembelajaran dan penilaian

2)    Dalam pelaksanaan, pemantauan dan pengawasan kegiatan pembelajaran dan penilaian.

3)    Evaluasi pelaksanaan, pemantauan dan pengawasan kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Sumber Daya

Dari aspek Anggaran, aplikasi ini sangat ekonomis karena Pembuatan aplikasi menghabiskan kurang lebih Rp 1.000.000 dengan menggunakan sumber dana BOS

Dari aspek SDM, pembuatan aplikasi ini memberdayakan Tim IT Sekolah dan Tim Pengembang Sekolah

Strategi Inovasi

Inovasi aplikasi E-Judara ini telah ditetapkan sebagai system aplikasi kegiatan pembelajaran, penilaian dan penyampaian informasisekoah bagi semua Guru dan Tenaga Kependidikan serta Siswa dan Orang Tua

1.      Sebagai motivasi untuk selalu meningkatkan pembelajaran, penilaian dan informasi sekolah.

2.      Meningkatnya mutu pembelajaran, penilaian dan informasi sekolah di kelas sehingga tujuan sekolah tercapai secara maksimal.

Sebagai inspirasi  untuk sekolah-sekolah yang lain.

Pelaksanaan Dan Evaluasi

Secara periodik, inovasi aplikasi E-Judara ini dilakukan sebagai berikut :

a.    Internal

- Pelatihan IT bagi Tenaga IT, Guru dan Siswa

- Maintenance

b.    Eksternal

Wali murid lebih peduli memantau putra-putri nya terkait layanan ini.

Metode evaluasi terhadap Inovasi aplikasi E-Judara ini dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Dilakukan dengan cara trial and error terhadap sistem aplikasi

2. Mendapatkan feedback dari pengguna sistem aplikasi baik dari Guru maupun Siswa dan Orang tua  

Hasil Evaluasi

Penentu keberhasilan inovasi adalah :

1. Ketersediaan jaringan internet yang stabil

2. Kemampuan teknologi semua Guru dan Siswa yang memadai

Kendala inovasi ini adalah :

1. Jaringan internet yang tidak stabil

2. Kemampuan teknologi semua Guru dan Siswa yang belum merata

Covid-19

Inovasi aplikasi E-Judara di SMK Negeri1 Magetan ini tidak ada penyesuaian, karena sisten aplikasi ini sudah merespon kondisi pandemi COVID-19

Pemangku Inovasi

Keterlibatan Dunia Usaha / Dunia Industri     : 

a.    Dunia Usaha dan Dunia Industri memantau pelaksanaan pembelajaran dan penilaian daring pada saat siswa PKL (Praktek Kerja Lapangan).

b.    Evaluasi keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian

Keterlibatan Masyarakat  : 

a. Komite Sekolah

1)    Memberikan kontribusi dalam bentuk legalisasi dan penguatan terhadap kegiatan pembelajaran dan penilaian

2)    Dalam pelaksanaan, pemantauan dan pengawasan kegiatan pembelajaran dan penilaian.

3)    Evaluasi pelaksanaan, pemantauan dan pengawasan kegiatan pembelajaran dan penilaian.

b. Orang Tua

Untuk memberikan informasi kepada orang tua terkait kegiatan pembelajaran dan penilaian.

1.      Supervisi pembelajaran berlangsung efisien dan efektif melalui aplikasi E Jurnal.

2.      Pelaksanaan penilaian pembelajaran melalui aplikasi SIUDA lebih efisien (paperless), terukur, dan segera diketahui hasilnya untuk kegiatan tindak lanjut.

3.      Pelaksanaan kegiatan berbasis literasi (pondok ramadhan) melalui  aplikasi SIUDA dapat dilaksanakan dengan terukur, efisien serta efektif

Penggunaan E JUDARA berdampak pada efisiensi dan efektifitas layanan pembelajaran oleh sekolah.

Faktor Penentu

Faktor penentu keberhasilan inovasi ini adalah sebegai berikut :

 Sistem Aplikasi berjalan, bekerja secara optimal baik dengan atau tanpa di upgrade

b.    Fitur didalam aplikasi layanan E Jurnal, SIUDA, SIPORA bisa bertambah atau berkurang sesuai kebutuhan.

c.    Secara ekonomi, aplikasi ini bisa digunakan android atau laptop dengan biaya terjangkau.

 Kendala/Permasalahan         : 

a.    beberapa guru dan siswa terkendala oleh jaringan internet dikarenakan tempat tinggal yang sulit  dijangkau internet

b.    beberapa guru dan siswa terkendala dengan kemampuan teknologi mengoperasikan aplikasi ini.

Video Inovasi