SIISKA | Sistem Informasi Inovasi Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Judul Inovasi

Simbah : Sistem Integrasi Manajemen Berbasis Sekolah

Nama Sekolah

SMKN 1 JENANGAN - KAB. PONOROGO

Mulai Pelaksanaan

06 Apr 2020

Ringkasan Inovasi

Inovasi ini dikembangkan atas dasar permasalahan senagai berikut:

  • Input Presensi dan Jurnal Pembelajaran di Buku Jurnal PBM(1 kelas/buku)
  • Input data siswa secara manual atau melalui ms.excel
  • Penyajian informasi bimbingan konseling secara manual
  • Penelusuran tamatan dan informasi lowongan pekerjaan melalui media sosial
  • pengumpulan dan cetak raport melalui aplikasi ms.excel di file sharing.
  • Proses Pembelajaran Daring dalam bentuk LSM Person Guru.

Hasil Inovasi :

  • Presensi dan jurnal PBM di informasikan melalui system, sehingga akan lebih cepat dan akurat.
  • Informasi data BK akan dapat diakses oleh yang berhak akses misal wali kelas, sehingga jika ada siswa yg bermasalah akan lebih mudah di selesaikan
  • Informasi lowongan pekerjaan dan penelusuran tamatan lebig informatif.
  • PBM Daring melalui LMS lembaga (Virtual Class) akan mudah untuk memonitoring keaktifan siswa dan guru dalam proses PBM.

Latar Belakang

Aplikasi ini dibuat/dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:

  • Membantu tenaga pendidik dan kependidikan dalam mengelola digitalisasi dokumen.
  • Memberikan informasi kepada siswa,orangtua dan alumni tentang prestasi akademik, portofolio dan informasi lowongan pekerjaan.
  • Memberikan informasi secara berkala.
  • Meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan dalam mengolah data serta penyajian laporan dengan memanfaatkan fasilitas computer, laptop atau smartphone, sehingga dihasilkan informasi yang akurat, cepat, tepat dan berkualitas.
  • Manajemen dapat mengambil keputusan lebih cepat, mudah dan akurat guna mendukung kemajuan lembaga.

Kesesuaian

Sebuah lembaga pendidikan dalam pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pelaksanaan program layanan pendidikan baik di pendidikan formal maupun nonformal sangat dipengaruhi oleh tersedianya data yang lengkap, sahih (valid), dapat dipercaya (reliable), relevan dan tepat waktu. SIMBAH akan membantu dalam penyajian dan anailsa data

Kontribusi

Tujuan Global VIII : Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua. 

Aplikasi SIMBAH pada menu BKK : berfungsi untuk 1) Penelusuran tamatan. 2) Informasi lowongan pekerjaan antar alumni dan juga Industri.  dalam hal ini jika semua pihak berkontribusi informasi dengan baik tentunya akan berdampak masa tunggu bekerja atau berwirausaha alumni menjadi lebih pendek. tentunya berdampak pula akan kesejahteraan.

Deskripsi

Inovasi SIMBAH ini dibuat melalui tahapan :

  • Analisa Kebutuhan SoftwareMenggali informasi dari masing-masing unit kerja, siswa, tenaga pendidik dan kependidikan akan permasalahan akan informasi data dan administrasi pada kegiatan PBM dan layanan terhadap pelanggan
  • Desain : Merancang desain proses untuk membangun system.
  • Database : Perancangan database penampung data2 agar outputnya mudah dapat diinformasikan
  • User Interface : Pembuatan antar muka aplikasi yang nanti dapat dengan mudah terakses di WEB atau Mobile (android)
  • Coding : Tahap Penulisan code-code dan algoritmanya.
  • Testing : Pada tahap ini Aplikasi di testing oleh siswa, guru dan masing-masing unit kerja, sehingga jika ada kelsalahan atau kekurangannya akan segera di perbaiki/dikembangkan.

Nilai Inovatif

Sebelumnya data disajikan dalam bentuk file yang terpisah-pisah di masing masing media penyimpanan baik flashdisk, HD maupun sharing file (ftp server) apalagi kegiatan PBM daring ada yg melalui LMS person guru (google classroom, edmudo) bahkan menggunakan ada yg menggunakan WA. Adanya SIMBAH data terintegrasi dan informasi dapat tersaji dengan cepat. dan proses pembelajaran Daring dapat terkontrol, termonitoring melalui LMS lembaga (Virtual class), guru dan wali kelas dapat memonitoring keaktifan siswanya, pihak manajemen dapat memonitoring dan mengevaluasi keaktifan kegiatan PBM Guru.

Sumber Daya

Semua elemen yang ada di sekolah terlibat dalam produk inovasi Kepala sekolah,tenaga pendidik dan kependidikan, IDUKA, siswa berkontribusi sesuai tupoksinya untuk mengembangkan SIMBAH

Sumber dananya : BOS dan BPOPP

Strategi Inovasi

Aplikasi SIMBAH tersosialisasi dan ada workshop secara berkelanjutan baik secara tatap muka maupun online melalui Virtual class (sinau bareng)

Aplikasi SIMBAH sangat terbuka jika ada kekurangan fitur atau debug, dan dapat disampaikan melalui forum yang tersedia.

Pelaksanaan Dan Evaluasi

Evaluasi kelayakan system ini melibatkan masing-masing unit kerja dan IDUKA dalam hal ini : PT. RIASTECH Solo (Konsultasi dan uji kelayakan produk melalui UKK)

 Karena SIMBAH ini langsung diimplementasi pasti dalam perjalanannya ada debug dan kekurangan fiturnya. Sehingga di perjalanannya itu akan selalu diperbaiki dan ditambah fitur sesuai kebutuhan.

karena produk inovasi ini berupa software Aplikasi, sehingga  Metode pelaksanaan evaluasinya secara langsung dan trial produknya selama 1 bulan dibulan mei 2020.

Mungkin di saat trial belum menemuhi debug dan kebutuhan fitur, namun saat implementasi hal tersebut muncul, maka produk tersebut akan diperbaiki dan dikembangkan secara langsung pula.

Hasil Evaluasi

  • Kegiatan PBM melalui LMS Virtual kelas tersedia untuk semua mata pelajaran.
  • Kegiatan presensi dan pengisian jurnal pembelajaran 100 % melalui SIMBAH
  • Input data siswa 100 % untuk kelas X
  • Pelaksanaan BK 75 % dan BKK 20 %

Covid-19

Aplikasi ini dibuat terinspirasi adanya pandemic COVID 19. Teruma pada kegiatan Proses Pembelajaran dan administrasi pembelajarn. Yang awalnya secara person bapak ibu guru menyampaiakan materi pembelajarannya sesuai kemampuan menggunakan media, kini dipergunakan Learning Manajemen System (LMS) lembaga secara resmi digunakan. Melalui Virtual Class

Pemangku Inovasi

Kepala Sekolah : Pemberi regulasi implementasi SIMBAH

Tenaga Pendidik/Kependidikan : sebagai pengguna (memberi masukan kebutuhan) dan sekaligus sebagai tester aplikasi.

Siswa : sebagai pengguna dan sekaligus sebagai tester aplikasi.

Admin : Mengadministrasi informasi dan konten, mengatur hak akses System dan mendokumentasi jika terjadi kesalahan atau kekurangan system.

IDUKA : Sebgai konsultan dan penguji kelayakan aplikasi 

Faktor Penentu

Keberhasilan aplikasi : didukung oleh semua elemen yang ada di lembaga (siswa, tenaga pendidik dan kepeddikan, IDUKA, alumni dan orang tua siswa)

Kendala :

  • Membudayakan disiplin input data dan kegiatan pembelajaran daring  tepat waktu tidaklah sesuatu yang mudah.
  • Keatipan alumni dalam update profile dan sharing informasi kurang maksimal.

Faktor Penentu Keberhasilan :

Aplikasi ini keberhasilannya  jika elemen yang terlibat di atas aktif, maka akan terasa manfaatnya.

Video Inovasi