SIISKA | Sistem Informasi Inovasi Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Judul Inovasi

Jardaja 4.0

Nama Sekolah

SMAN 1 MAGETAN - KAB. MAGETAN

Mulai Pelaksanaan

20 Jul 2020

Ringkasan Inovasi

·         Dengan dilaksanakannya Jardaja dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik dan mendapatkan nilai yang maksimum, karena sebelumnya siswa hanya mendengarkan keterangan materi (dengan narasi) saja.

·         Pembelajaran menjadi lebih efektif karena guru bisa mempraktekan sambil menerangkan sehingga  akan mempermudah siswa dalam pemahaman materi dan siswa bisa belajar dari rumah.

·         Mengontrol dan meminimalisasi kegiatan atau mobilitas siswa keluar rumah selama pandemic.

·         Meningkatkan karakter siswa yang lebih baik walaupun belajar dari rumah, karena siswa lebih dekat dengan orang tua.

Latar Belakang

Penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Untuk mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti social distancing, physical distancing, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), hingga diadakannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) . Kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk tetap diam di rumah, belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Akibat dari kebijakan tersebut membuat sektor pendidikan seperti sekolah maupun perguruan tinggi menghentikan proses pembelajaran secara tatap muka. Metode pembelajaran yang digunakan dalam  proses pembelajaran secara daring  dari rumah.

Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (COVID-19) menganjurkan untuk melaksanakan proses belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Kesiapan dari pihak sekolah maupun siswa merupakan tuntutan dari pelaksanaan pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring ini memerlukan perangkat pendukung seperti komputer atau laptop, web cam, microfon, clip on, dan alat bantu lain sebagai fasilitas yang tentu saja harus terhubung dengan koneksi internet.

Rata-rata perkembangan pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat apalagi selama pandemic. Dengan hal  tersebut maka guru dan siswa  dihadapkan dengan tantangan revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan berkembangnya internet yang diikuti teknologi baru dalam data sains dan kecerdasan buatan. Tantangan revolusi indusri  tersebut  bukan hanya dihadapkan pada sektor ekonomi, sosial, dan teknologi. Namun sektor pendidikan juga harus mampu beradaptasi, baik sumber daya manusia maupun infrastruktur yang mendukung. Maka dari itu, dengan pelaksanaan mengajar secara daring diharapkan dapat membantu memutus penyebaran pandemi virus corona dengan belajar dari rumah dan juga menjawab tantangan revolusi industri 4.0.

Dengan pelaksanaan pembelajaran dari rumah dengan secara daring, guru dituntut untuk lebih inovatif dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran. Perubahan cara mengajar ini tentunya membuat guru dan siswa beradaptasi dari pembelajaran  secara tatap muka di kelas menjadi pembelajaran daring. Secara teknis dalam pembelajaran daring, perangkat pendukung seperti komputer atau laptop, dan koneksi internet yang mana harus tersedia untuk kedua belah pihak pengajar dan siswa. Dengan bantuan perangkat pendukung tersebut dapat memudahkan guru dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan yaitu bisa menggunakan PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif kreatif efektif dan Menyenangkan). 

Kesesuaian

·         Dengan dilaksanakannya Jardaja dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik dan mendapatkan nilai yang maksimum, karena sebelumnya siswa hanya mendengarkan keterangan materi (dengan narasi) saja.

·         Pembelajaran menjadi lebih efektif karena guru bisa mempraktekan sambil menerangkan sehingga  akan mempermudah siswa dalam pemahaman materi dan siswa bisa belajar dari rumah.

·         Mengontrol dan meminimalisasi kegiatan atau mobilitas siswa keluar rumah selama pandemic.

·         Meningkatkan karakter siswa yang lebih baik walaupun belajar dari rumah, karena siswa lebih dekat dengan orang tua.

Kontribusi

-

Deskripsi

·         Dengan dilaksanakannya Jardaja dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik dan mendapatkan nilai yang maksimum, karena sebelumnya siswa hanya mendengarkan keterangan materi (dengan narasi) saja.

·         Pembelajaran menjadi lebih efektif karena guru bisa mempraktekan sambil menerangkan sehingga  akan mempermudah siswa dalam pemahaman materi dan siswa bisa belajar dari rumah.

·         Mengontrol dan meminimalisasi kegiatan atau mobilitas siswa keluar rumah selama pandemic.

·         Meningkatkan karakter siswa yang lebih baik walaupun belajar dari rumah, karena siswa lebih dekat dengan orang tua.

Nilai Inovatif

-

Sumber Daya

-

Strategi Inovasi

-

Pelaksanaan Dan Evaluasi

-

-

Hasil Evaluasi

-

Covid-19

-

Pemangku Inovasi

-

Faktor Penentu

-

Video Inovasi