SIISKA | Sistem Informasi Inovasi Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Judul Inovasi

Call Center Penilaian Solusi Jitu Pemberian Informasi Di Masa Pandemi

Nama Sekolah

SMAN 7 - KOTA MALANG

Mulai Pelaksanaan

13 Jul 2020

Ringkasan Inovasi

Di masa pandemi pembagian Laporan Hasil Belajar dengan mendatangkan orang tua ke sekolah sangat riskan dilakukan karena adanya kerumunan dapat mempercepat penyebaran Covid-19. Dengan digunakannya Call Center Penilaian di SMA Negeri 7 Malang, pembagian LHB tidak lagi menjadi kendala. Peserta didik atau oran tua dapat meakses Call Center untuk mendapatkan pengumuman, atau LHB secara personal yang kemudian dapat di download dan dicetak sesuai dengan kebutuhan

Latar Belakang

Tujuan inovasi : memberikan layanan informasi kepada masyarakat  yang efektif di masa pandemi

Gagasan :  Masyarakat (peserta didik dan orang tua) dapat mengakses informasi yang bersifat personal seperti Laporan hasil Belajar melalui pesan di Call Center Penilaian untuk mendapatkan informasi sesuai dengan menu yang tersedia 

Kesesuaian

Kategori inovasi adalah bidang pendidikan karena inovasi ini dikembangkan di SMA Negeri 7 Malang. Penggunaan Call Center untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik/orang tua merupakan salah satu usaha penigkatan layanan sekolah kepada masyarakat

Kontribusi

Penggunaan Call Center ini berkontribusi dalam memberikan layanan yang efektif dalam pemberian informasi kepada masyarakat

Deskripsi

Cara kerja inovasi :

Peserta didik atau orang tua mengirim pesan ke Call Center Penilaian SMA Negeri 7 Malang, kemudian informasi di dapat sesuai dengan menu yang tersedia. Pesan dibalas secara otomatis dan pengguna dapat langsung mengakses informasi yang di dapat berupa file yang kemudian dapat diunduh dan dicetak

Nilai Inovatif

Inovasi ini dapat di terapkan di sekolah lain atau instansi lain karena pembuatannya sangat mudah dan mudah diakses

Sumber Daya

sumber daya yang diperlukan adalah sumber daya manusia sebagai pengelola, peralatan seperti perangkat komputer yang terhubung dengan internet, smartphone dan beberapa aplikasi terkait.Langkah strategis :

- Pengelola menyediakan data melalui perangkat komputer yang terhubung dengan internet

- pengguna menggunakan smartphone untuk mengakses informasi

Strategi Inovasi

Kepala sekolah mengeluarkan regulasi terkait pemberian informasi LHB dapat dialksanakan secara mandiri oleh pengguna dengan mengim pesan ke Call Center untuk mendapatkan balasan otomatis dan mendapatkan informasi sesuai menu yang tersedia

Pelaksanaan Dan Evaluasi

Evaluasi dilakukan di internal tim kurikulum berdasarkan masukkan dan permasalahan yang muncul dengan memperhatikan masukan dari berbagai pihak

evaluasi inovasi dilakukan setiap 3 bulan sekali secara berkala dan setelah pelaksanaan program pada waktu yang telah ditentukan. Misalnya 1 minggu setelah pemberian LHB pada waktu yang telah ditentukan berdasarkan masukan dan permasalahan yang muncul

Hasil Evaluasi

Hasil evaluasi berupa perbaikan sitem atau data yang digunakan sebagai data/informasi yang diinginkan pengguna sehingga kedepan penggunaan Call Center dapat lebih akurat data yang diinginkan.

Covid-19

Penggunaan Call Center Penilaian sangatlah efektif digunakan di masa Pandemi. karena dapat mengurangi kontak fisik dan menghindari kerumunan yang berpotensi terhadap penyebaran Covid-19. dengan penggunaan Call Center maka pengguna tidak kesulitan dalam mengakses informasi

Pemangku Inovasi

Kepala sekolah sebagai top leader sebagai penentu regulasi dan penanggung jawab. wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebagai supervisor serta tim kurikulum sebagai perancang, pelaksana dan evaluator dari inovasi

Faktor Penentu

Faktor penentu :

1. Kesiapan dan kesesuaian data yang disiapkan oleh tim kurikulum untuk diakses oleh pengguna

2. Peran serta masyarakat yang menggunakan Call Center di SMA Negeri 7 Malang untuk mengakses 

3. Ketersediaan perangkat yang memadai

Video Inovasi