SIISKA | Sistem Informasi Inovasi Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Judul Inovasi

Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Lagu (teks Report)

Nama Sekolah

SMAN 4 - KOTA MALANG

Mulai Pelaksanaan

13 May 2020

Ringkasan Inovasi

Pembelajaran Bahasa Inggris diberikan dari TK sampai SMA, pembelajaran asing ini terkadang menimbulkan masalah bagi murid dalam memahami pembelajaran. Tak jarang guru memberikan materi dengan media pembelajaran yang beraneka ragam dengan tujuan agar murid memahami pembelajaran Bahasa Inggris dengan baik, satu hal yang perlu diingat adalah mengurangi kejenuhan didalam kelas baik luring maupun daring. Terlebih dimasa pandemi ini, guri mencari cara agar kelas tidak membosankan dan murid bisa belajar dengan nyaman. Dari latar belakang ini saya mencoba membuat media yang bisa meningkatkan pemahaman murid-murid dalam pembelajaran Bahasa Inggris baik secara luring maupun daring. Media yang sudah saya buat adalah pembelajaran Bahasa Inggris dengan media Lagu, baik luring maupun daring. Media lagu tersebut untuk memberikan pembelajaran berupa Grammar dan teks dikelas X, XI dan XII. Hasilnya setelah saya berikan media lagu yang saya convert dan disesuaikan dengan topik pembelajaran menunjukkan bahwa antusias murid menjadi tinggi dan tingkat pemahaman mereka terhadap pembelajaran menjadi meningkat dengan baik. Terbukti dari soal-soal yang diberikan, murid bisa mengerjakan dengan baik dengan hasil yang memuaskan.

Latar Belakang

  1. Tujuan munculnya inovasi ini adalah: untuk meningkatkan pemahaman murid dalam belajar Bahasa Inggris, membuat suasana kelas menjadi nyaman dengan inovasi yang ditemukan guru, dan menghilangkan kejenuhan dalam belajar Bahasa Inggris.
  2. Gagasan dari inovasi ini muncul pada saat murid mengalami kendala dalam mempelajari grammar/tatabahasa. Mereka merasa kesulitan dengan hanya menghapal rumus dan mengerjakan soal latihan, sehingga gagasan/ide untuk membuat pembelajaran semakin menarik adalah dengan media Lagu. Lagu yang saya convert kedalam Bahasa Inggris dan saya nyanyikan serta disesuaikan dengan topik pembelajaran pada saat itu.

·      Link you tube pembelajaran grammar Present tense dengan lagu : https://youtu.be/olOUiZuPLZU

·      Link you tube pembelajaran grammar constructive conjunction dengan lagu : https://youtu.be/mN8sYzWwMOs

·      Link you tube pembelajaran teks recount dengan lagu : https://youtu.be/B548tszdmiY

 

  1. Tujuan dari inovasi ini adalah saya ingin menunjukkan pembelajaran Bahasa Inggris dapat dipelajari dengan Mudah, menghilangkan kesan bahwa pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran yang menjenuhkan, meningkatkan pemahaman dengan cara menarik, yaitu sambil bernyanyi dapat pemahaman dari grammar yang dipelajari.
  2. Target inovasi yang saya lakukan adalah murid kelas X, XI dan XII sesuai dengan KD yang dipelajari dikelas.

Kesesuaian

Permasalahan yang terjadi dikelas Bahasa Inggris yaitu sulitnya/terkendalanya dalam mempelajari grammar/tata Bahasa, sehingga dicarikan media yang menarik sebagai cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengconvert lagu kedalam Bahasa Inggris dan disesuaikan dengan KD yang tersedia sesuai jenjang kelas. Topik yang diambil saat itu adalah bagaimana penggunaan Simple Present Tense didalam teks Report. Grammar/tatabahasa ini digunakan di teks report, jadi sebelum murid-murid belajar teks report, mereka harus punya pondasi yang menjadi jembatan untuk mempelajari teks report secara menyeluruh.

Kontribusi

Tujuan inovasi yang saya lakukan ke depan atau berkelanjutannya adalah saya ingin menshare media yang saya punya ini kepada rekan sejawat, sehingga mereka bisa menggunakan produk yang saya hasilkan sebagai upaya untuk mengantisipasi kendala yang terjadi dalam belajar Bahasa Inggris

Deskripsi

Hal hal yang saya lakukan sebagai cara kerja inovasi ini adalah: saya mempersiapkan lagu yang cocok untuk pembelajaran grammar atau tatabahasa, setelah saya menemukan lagu yang pas/tepat, saya mulai untuk membuat/merancang lirik lagu berbahasa Inggris yang saya sesuaikan dengan KD dijenjang kelas. Setelah rancangan tersebut selesai selanjutnya saya memutarkan lagu karaoke/instrumentalia dan merekan suara saya dengan perangkat keras/handphone. Setelah cocok dan pas dengan lagu selanjutnya saya mulai mengatur liriknya dengan menggunakan media kinemaster, agar murid paham akan lirik lagu tersebut. Setelah itu mereka bisa menganalisa simple present tense yang ada didalam lagu tersebut, murid menemukan sendiri berdasarkan pengalaman yang mereka miliki. Lagu yang saya buat menggunakan lagu daerah, disamping mereka belajar Bahasa Inggris, mereka juga tidak akan lupa dengan lagu daerah yang ada di Indonesia, hal ini juga akan mendorong semangat kebangsaan mereka untuk lebih mencintai dan bangga akan Indonesia yang memiliki keragaman budaya, lagu dan adat istiadat/

Nilai Inovatif

Sisi kebaruan/keunikan terhadap inovasi yang saya temukan adalah lirik lagu yang disesuaikan dengan pembelajaran, baik membahas tata Bahasa/grammar ataupun teks. Dari segi kebaruan adalah memberikan pembelajaran Grammar yang tidak biasa dengan memberikan lagu yang sudah digubah ke dalam Bahasa inggris dan disesuaikan dengan Kompetensi dasar. Hal tersebut akan menjadi tantangan bagi murid mempelajari Bahasa Inggris dengan cara yang tidak biasa, mereka akan merasa nyaman dan semangat dalam belajar. Inilah sisi keunggulan pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan Lagu. Pemberian lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris ini akan  memberikan kecepatan menyelesaikan masalah, maksudnya adalah apabila murid merasa nyaman dan senang dalam belajar dengan menemukan sendiri berdasarkan pengalaman belajarnya maka selanjutnya mereka akan mudah mengingat pembelajaran yang diberikan dengan mudah.

Sumber Daya

  1. Sumber daya yang digunakan untuk menciptakan/membuat inovasi ini adalah hp android, perangkat computer/laptop, buku tulis, kamus Bahasa Inggris-Indonesia.
  2. Langkah-langkah yang dilakukan adalah mempersiapkan rancangan lirik Bahasa Inggris yang disesuaikan dengan materi yang ditulis di buku tulis, perancangan tidak bisa serta merta langsung dibuat, harus disesuaikan dengan lirik yang pas sehingga apabila terdengar maka nyanyian tersebut bisa padu dan terdengar enak dipendengaran kita, lalu mengklik youtube di perangkat keras(laptop/computer) di lagu Karaoke atau Instrumentalia/tanpa suara, jadi hanya instrument nya aja, lalu selanjutnya merekam suara yang dinyanyikan guru dengan menggunakan HP android atau sejenisnya, perekaman hendaknya dilakukan di tempat yang hening agar suara lain tidak bisa masuk. Setelah dirasa pas baik lagu dan perekaman suara yang dinyanyikan oleh guru, untuk selanjutnya mengupload di Kinemaster atau aplikasi lain dengan menuliskan teks sesuai dengan lagu yang dinyanyikan, setelah semuanya selesai maka langkah terakhir menguploadnya di youtube

Strategi Inovasi

Startegi berkelanjutan dari inovasi yang saya buat adalah setelah menguploadnya inovasi pembelajaran di youtube, beberapa like tersemat di video inovasi pembelajaran. Ini terbukti bahwa beberapa orang menyukainya dan dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran.

Pelaksanaan Dan Evaluasi

Evaluasi yang dilakukan  internal terhadap inovasi  pembelajaran ini adalah pemberian refleksi pembelajaran sebagai evaluasi terhadap inovasi yang saya buat, hasilnya murid merasa senang dan jauh dari rasa jenuh setelah mereka mendapatkan pembelajaran dengan media lagu. Refleksi pembelajaran yang dilakukan ini untuk mengetahui sejauh mana dampak pembelajaran pemberian Lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Metode pelaksanaan evaluasi inovasi ini adalah refleksi terhadap hasil inovasi pembelajaran yang saya buat. Refleksi tersebut dilakukan oleh murid. Apakah mereka merasa nyaman dalam pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan lagu dan sejauh mana Lagu dapat meningkatkan pemahaman dalam belajar Bahasa Inggris

Hasil Evaluasi

Hasil dari evaluasi yang saya lakukan adalah antusiasnya murid, kenyamanan mereka dalam belajar Bahasa Inggris melalui media Lagu. Hasil akhirnya adalah nilai pembelajaran Bahasa Inggris yang memuaskan. Sebelum inovasi pembelajaran yang saya lakukan,tingkat pemahaman mereka terhadap pembelajaran Bahasa Inggris masih rendah karena beberapa faktor, diantaranya merasa jenuh dengan pemnbelajaran Bahasa Inggris, kurang nyaman didalam kelas karena tidak ada variasi pembelajaran. Setelah dilakukan inovasi pembelajaran ini, tangka pemahaman murid menjadi meningkat dan mereka merasa nyaman dan senang dalam belajar.

Covid-19

Penyesuaian layanan yang dilakukan guna merespon pandemic Covid-19 adalah dengan cara pembelajaran daring/non tatap muka yang dilakukan kepada murid-murid. Mengirimkan materi pembelajaran dalam bentuk file di Microsoft team 365. Disamping materi pembelajaran, murid juga dapat belajar dengan senang dengan media-media lain, seperti quizizz, wordwall, educandy dan lain-lain.

Pemangku Inovasi

Pemangku kepentingan yang terlibat dalam inivasi ini adalah kepala sekolah, beliau selalu mendukung terhadap inovasi yang saya lakukan, beliau berperan sebagai evaluator terhadap inovasi pembelajaran yang saya buat/temukan.

Faktor Penentu

Faktor penentu keberhasilan inovasi yang saya temukan adalah apabila guru secara konsisten mengupdate pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Setiapa materi baru, guru mencoba untuk membuat lirik yang cocok dan pas untuk pembelajaran Bahasa Inggris.

Kendala dalam mendukung inovasi ini adalah, guru mengajar di ketiga jenjang, yaitu X, XI dan XII. Dalam mengajar dibutuhkan persiapan yang matang, sehingga terkadang tidak bisa mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media lagu, keterbatasan waktu juga menjadi kendala yang utama dalam mengembangkan inovasi ini, karena waktu mengajar yang padat, mempersiapkan materi, quiz, ulangan dan mengoreksi/memeriksa hasil tugas menjadi kendala dalam mendukung inovasi ini.

Video Inovasi